Wednesday 29 January 2020

Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Beserta Pembahasannya Part 3

Sumber: www.menpan.go.id

Nomor 1
Karet : Elastis = Gajah : ….
A.  Besar                      D.  Kokoh
B.  Berat                       E.  Tinggi
C.  Hitam                    

Pembahasan:
Karet bersifat elastis sebagaimana gajah bersifat kokoh.
Jawaban: D

Nomor 2
Prajurit : Perang = Ulama : ….
A.  Dakwah                  D.  Ceramah
B.  Mengajar                E.  Penyatu
C.  Diskusi

Pembahasan:
Prajurit tugasnya berperang sebagaimana ulama tugasnya dakwah.
Jawaban: A

Nomor 3
Konspirasi : Persekongkolan = Ekspansi : ….
A.  Perluasan                D.  Peningkatan
B.  Penyebaran             E.  Peneguhan
C.  Pendalaman

Pembahasan:
Konspirasi berarti persekongkolan sebagaimana ekspansi berarti perluasan.
Jawaban: A

Nomor 4
Anjing : Kera = Udang : ….
A.  Kerang                   D. Ubur-ubur
B.  Lebah                     E.  Cangkang
C.  Serangga                

Pembahasan:
Anjing dan kera hidup di daratan sebagaimana udang dan kerang hidup di perairan.
Jawaban: A

Nomor 5
Niagara : Air Terjun = Toba : ….
A.  Sungai                    D.  Selat
B.  Danau                     E.  Pulau
C.  Laut

Pembahasan:
Niagara adalah nama air tejun sebagaimana Toba adalah nama danau.
Jawaban: B

Nomor 6
Bara : Gosong = Raut : ….
A.  Wajah                     D.  Runcing
B.  Muka                      E.  Bentuk
C.  Kusam

Pembahasan:
Bara akan menjadi gosong sebagaimana raut akan menjadi runcing.
Jawaban: D


Nomor 7
Padi : Sawah = Ombak : ….
A.  Gunung                  D.  Langit
B.  Bumi                      E.  Samudera
C.  Laut

Pembahasan:
Padi terdapat di sawah sebagaimana Ombak terdapat di laut.
Jawaban: C

Soal lainnya:
Figural, Deret, Analogi, Silogime, Pecahan


Baca juga:
Field Report (FR) TWK CPNS 2019 Part 1
Field Report (FR) TWK CPNS 2019 Part 2
Field Report (FR) TKP CPNS 2019 Part 1
Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Part 1
Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Part 2
Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Part 5

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment