Wednesday 29 January 2020

Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Beserta Pembahasannya Part 4

Sumber: www.menpan.go.id

Nomor 1
Semua mahasiswa memiliki kartu mahasiswa.
Rina tidak memiliki kartu mahasiswa.
A.  Rina adalah mahasiswa     
B.  Rina bukan mahasiswa
C.  Rina akan jadi mahasiswa
D.  Rina tidak memiliki kartu mahasiswa
E.  Rina sudah lulus     

Pembahasan:
Coret yang kata sama (memiliki kartu mahasiswa) sehingga kesimpulannya Rina bukan mahasiswa.
Jawaban: B


Nomor 2
Sebagai guru Pak Umar selalu memberi contoh yng baik
Jika seseorang memberi contoh yang baik maka dia akan menjadi panutan.
A.  Pak Umar akan menjadi panutan  
B.  Pak Umar Guru Profesional
C.  Semua guru seperti Pak Umar
D.  Hanya Pak Umar yang patut dicontoh
E.  Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan:
Coret yang kata sama (memberi contoh yng baik) sehingga kesimpulannya Pak Umar akan menjadi panutan.
Jawaban: A

Nomor 3
22,75 + ¾ - 0,5 = ….
A.  21                          D.  23
B.  22,5                         E.  24,5
C.  22,85

Pembahasan:
Ingat! 3/4 = 0,75

=  22,75 + 3/4 - 0,5
=  22,75 + 0,75 – 0,50
=  22,75 + 0,25
=  23
Jawaban: D

Nomor 4
Meja bundar terdapat 7 kursi dan diduduki 6 orang. A duduk di depan B, C duduk 3 kursi sebelah kanan B, sebelah kanan dan kiri B diisi oleh E dan F. Kursi mana yang kosong ….
A.  Kanan B                 D. 2 bangku sebelah E
B.  Kanan E                  E.  3 bangku sebelah A
C.  2 bangku sebelah C            

Pembahasan:
Dari informasi di atas, kita gambarkan sebagi berikut:
Jadi, kursi yang kosong yaitu kanan E.
Jawaban: B

Nomor 5
Tentukanlah gambar dengan pola berbeda.

Pembahasan:
Opsi A, B, D, dan E adalah pencerminananya sedangkang opsi C bukan pencerminannya.
Jawaban: C

Soal lainnya:
Figural, Deret, Analogi, Silogime, Pecahan, Duduk Melingkar


Baca juga:
Field Report (FR) TWK CPNS 2019 Part 1
Field Report (FR) TWK CPNS 2019 Part 2
Field Report (FR) TKP CPNS 2019 Part 1
Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Part 1
Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Part 2
Field Report (FR) TIU CPNS 2019 Part 5

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment